ELF ♥ SJ

Let’s Learn Hangeul

Memenuhi janji pada salah satu reader blog ELF ♥ SJ kalau gue akan memberikan cara bagaimana membaca Hangul. Setelah berbulan-bulan baru sempet dibuat postingannya sekarang, so sorry. Tapi sebelum kenalan sama huruf Korea, pertama kita pelajari dulu sedikit sejarah kenapa Hangeul dibuat.

Sistem penulisan bahasa Korea yang asli disebut “Hangul” merupakan sistem yang silabik dan fonetik. Aksara-aksara “Sino-Korea (Hanja)” juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan “Hangul” , lebih dari 50% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari “Hanja”.

Huruf ini dikenalkan oleh “Raja Sejong” dari Dinasti Chosun pada tahun 1443 abad ke-15, dikenal sebagai “Hunmin Jeong eum”. Namun istilah “Hangul” (atau tepatnya disebut “Hangeul”) baru dikenal pada permulaan abad ke-20. Setelah “Hangeul” digunakan pun, “Hanja” masih tetap dipakai, sedang “Hangeul” dipakai oleh orang-orang tidak berpendidikan, wanita dan anak-anak. Jadi dulu itu Hangul dibuat untuk memudahkan orang-orang dari kelas bawah belajar membaca dan sesuai dengan tujuan pembuatannya maka mempelajari Hangul tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Namun pada perkembangannya, Hangeul makin banyak digunakan bahkan pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, penggunaan “Hangeul” dan “Hanja” seimbang. Namun kini, Hanja hanya dijumpai pada tulisan-tulisan akademik dan resmi, sedangkan hampir semua papan nama, jalan, petunjuk, bahkan tulisan-tulisan informal ditulis dalam “Hangeul”.

Sekian sejarah singkat kenapa Hangul diciptakan. Selanjutnya kita membahas tentang huruf-hurufnya. Jumlah huruf Hangul adalah 24 yang terdiri atas 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan. Berikut ini huruf vocal dan konsonan Hangeul. Dihapalin yaa.

Habis? Belum, karena masih ada vocal ganda dan konsonan ganda yang jumlahnya masing-masing 11 dan 5. Ini dia vocal ganda dan konsonan ganda.

Cara penulisan Bahasa Korea Hangul dilakukan setelah menggabungkan huruf vokal dan konsonan untuk membentuk satu suku-kata seperti bahasa asing lainnya, dan dituliskan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

Karena males ngetik banyak-banyak jadi belajar menggabungkan huruf hangeul-nya via video youtube aja ya.

Dalam satu suku-kata, huruf konsonan Hangul dapat dipasang di depan atau di belakang huruf vokal. 19 huruf konsonan termasuk semua konsonan ganda dapat dipasang di depan huruf vokal secara keseluruhan tetapi di belakang huruf vokal, 16 huruf konsonan saja kecuali 3 konsonan ganda, ㄸ, ㅃ, ㅉ dapat dipasang. Menyusul huruf vokal untuk membentuk konsonan rangkap disebut 받침(bachim).Bachim mempunyai 7 nilai kata yakni ㅇ, ㅁ, ㄴ, ㄹ, ㅂ, ㄷ, ㄱ

Pelajaran tentang tata cara penggabungan huruf Hangeul, pelafalan beserta bachim akan dijelaskan selanjutnya, untuk sekarang yang penting kalian bisa baca huruf hangul dulu ya. Happy learning.

26 Comments »

  1. tambahin lagi dongg kosakata nyaa🙂

    Comment by tunangannya sungmin — November 8, 2010 @ 2:54 pm

  2. The video is so funny ^^
    But it’s useful especially 4 me…
    Kamsahamnida

    Comment by mang — November 10, 2010 @ 1:55 pm

  3. Ajusshi!, Kamsahamnida for the lesson video.

    Comment by jamila abu — December 3, 2010 @ 6:07 am

  4. Thanks for video!
    I wanna learn more Hangeul!

    Comment by Madalina — December 10, 2010 @ 8:17 pm

  5. In my country now is 03:20 pm …in your contry is 08:20 pm
    I’m from Romania ^^

    Comment by Madalina — December 10, 2010 @ 8:20 pm

  6. gomawo^^

    Comment by yesung entuh laki gua — April 2, 2011 @ 8:31 pm

  7. ugh. . . it’s help me to learn about hangul. .

    Comment by hyeonuph — April 16, 2011 @ 3:00 pm

  8. uaaaa n.n
    thanks🙂

    Comment by thiffa — May 29, 2011 @ 6:18 pm

  9. aniyo kan hangulnya gini=아니요… lha kalo vokalnya dulu baru konsonan gimana cara nulisnya ???

    Comment by jacqline — June 15, 2011 @ 3:22 pm

    • iya betul aniyo hangulnya 아니요
      maksudnya vocal dulu baru konsonan?
      bisa dikasih contoh karena aku belum nangkep maksud pertanyaannya

      Comment by purpleSmile — July 16, 2011 @ 7:14 pm

  10. now that i know i could go to korea …oh yesss

    Comment by MAXINE LOPEZ — August 15, 2011 @ 3:32 pm

  11. Ok,,trims bwt informasinya!
    Bachim mempunyai 7 nilai kata yakni…..,……,…….,……,……,……..,……
    Apaan tuh???

    Comment by Detya's — December 21, 2011 @ 9:12 am

  12. mianhae , gimana klo nulis ‘ sung ‘ di hangeul ???
    replay please ^^ gomawo

    Comment by tha — December 23, 2011 @ 9:29 pm

  13. Ku mau diulas dong smua ttg Yesung, Leeteuk, Sungmin, Eunhyuk, Siwon.. Plese..
    denger” Heechul kabur ya dri Wamil..?!

    Comment by DELLA APRLIA — January 27, 2012 @ 3:32 pm

  14. Aku sih dikit” dh bisa baca Hangul..
    Eh, nanti tgl 24 Agustus, pada dtg yaa..!
    Ke rumahku.. Aku ama Yesung Kawin..! (Hahaha ngarep..).. Ini bener lho..

    Comment by Calon Istri Yesung (Minggu Depan Udh sah) — January 27, 2012 @ 3:35 pm

  15. I like it😀

    Comment by Angel Kpopforeversoppakry Sujuforevers — March 2, 2012 @ 7:22 pm

  16. saye minat akan infinite

    Comment by kang ae sook — March 31, 2012 @ 12:36 pm

  17. ini sangat membantu saya

    Comment by cherylee — May 10, 2012 @ 1:39 pm

  18. susaah:(

    Comment by mayani — June 8, 2012 @ 9:53 am

  19. trimakasihh infonyaaa

    Comment by icha — July 9, 2012 @ 5:58 pm

  20. Q ska bgt artikel mue.jgn lpa tgl 1 oktober 2012 dtng ke rmh q ya soalx q mau nikah ama taeyeon(ngarep amat aku)

    Comment by Guy sarang taeyeon — September 6, 2012 @ 6:09 pm

  21. Annyeong hasimnika…
    Gamsahamnida…

    Comment by Yoona Adelia — October 31, 2012 @ 7:27 am

  22. Aku masih bingung sama cara pemisahan suku katanya :((
    Pedoman pemisahannya gimana sih? Kayanya agak beda sama cara pemisahan suku kata dlam B. Indonesia ya? Tolongin please😦

    Comment by Cahrum — December 26, 2012 @ 5:50 pm

  23. 안녕하세요^^. 저는 한연태 입니다. Mau tanya boleh? Boleh donk pastinya(∩_∩) bagaimana cara membedakan hangeul tersebut di tulis dari kiri ke kanan / atas ke bawah? Itu aja pertanyaanku. 감사합니다~

    Comment by superjunior.elf — February 27, 2013 @ 4:13 pm

  24. Susah nyusun katanya. Kebolak balik terus naruh huruf nya

    Comment by putri — March 20, 2014 @ 8:23 am

  25. 다시 널 만들어봐요

    Comment by KimmyShin — October 13, 2014 @ 6:47 pm


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: