ELF ♥ SJ

October 16, 2011

Lee Soo Man yang sebenarnya

Filed under: 슈퍼 주니어 Super Junior — Tags: , , — purpleSmile @ 12:32 am

Sebenernya gue dapet beritanya kemaren siang tapi nggak bisa posting karena gue udah terlanjur emosi dengan apa yang gue baca. Otak gue yang biasanya rasional pun tiba-tiba aja kebawa, gue bahkan sempet mengutuk Lee Soo Man. Mungkin yang orang bilang untuk menjauh dari hal yang bikin kita marah bisa bikin kita tenang itu bener karena sekarang gue udah tenang makanya memutuskan untuk posting ini. Tapi gue nggak akan sekedar posting potongan wawancara Lee Soo Man aja tapi artikel lain yang terkait. Disini gue nggak berusaha buat bela Lee Soo Man karena sebagai ELF gue tetep sakit hati dengan apa yang dia ucapin, tapi mari kita coba untuk melihat dari sudut pandang lain.

Potongan interview Lee Soo Man

Setelah BoA sukses dalam perluasan pasar di Jepang, Lee Soo Man berencana untuk membuat grup terbaik yang akan sukses tidak hanya di Asia tapi seluruh dunia. Namun, karena keterbatasan, dia harus fokus dan memilih orang yang tepat. Jadi dia memilih orang yang terbaik dari setiap tim yang disebut liga utama. Tim tersebut adalah TVXQ. “Seluruh tim yang tidak terpilih seharusnya dibubarkan. Namun, karena saya membuat kontrak dengan mereka, aku harus mengambil tanggung jawab. Jadi dari tim tersebut, saya membesarkan tim yang bisa melakukan musik dan variety show dengan baik yaitu Super Junior. Mereka mengucurkan darah, keringat dan airmata untuk bertahan. Kami merasa bersalah, jadi kami membantu mereka.”

Tak seorang pun berpikir kalau Super junior bisa sukses. Sekarang Super Junior adalah grup penyanyi top di Eropa, Thailand dan Amerika Selatan.

*terjemahan artikel hanya terkait Super Junior

Source: Chosun Translated by Minnie @ SUJUISM.BLOGSPOT.COM

Apa yang Lee Soo Man ucapkan di wawancaranya di atas secara tidak langsung memancing kemarahan ELF dan menyudutkan dirinya sendiri. Tapi kemudian mari kita sedikit menggeserkan pemikiran kita, pantaskah kita ELF sepenuhnya menumpahkan kesalahan pada Lee Soo Man, meskipun pada kenyataannya dia memang tidak bisa menghargai Super Junior. Mari masuk ke pemikiran seseorang.

RANT

jujurkah kalian berpikir kalau Super Junior bisa berada dimana mereka sekarang tanpa SM Entertainment dan Lee Soo Man? jawabannya adalah TIDAK. Lee Soo Man memberikan member Suju kesempatan untuk debut, kesempatan untuk bersinar.… dan kebencian adalah semua yang dia dapatkan sebagai imbalan? Seperti yang dia katakan dalam interview, dia memilih member terbaik untuk berada dalam TVXQ, dan semua yang ditinggalkan harus dibubarkan.. tapi apakh dia membubarkan mereka? Tidak. Dia memberikan mereka kesempatan untuk berada diatas panggung,untuk menyanyi, untuk menari, untuk menjadi pembawa acara… kalian pikir Super Junior bahkan akan ada tanpa dirinya dan perusahaan?

Tanpa SM entertainment, siapa yang akan membayar untuk MV? Siapa yang akan membayar komposer untuk menciptakan lagu untuk Super Junior? Siapa yang akan membayar penata rambut dan designer untuk membuat pakaian panggung mereka? Apakah Super Junior membayar semua hal itu dengan sendirinya?

tentu, aku setuju Super Junior sekarang sukses besar dengan kerja keras yang mereka lakukan, tapi aku pikir itu tidak adil untuk memotong peran Lee Soo Man dan perusahaan ketika kita mempertimbangkan keberhasilan Super Junior. Mereka memegang peranan besar dalam membentuk mereka menjadi idola seperti mereka hari ini.

Terkadang, itu membuatku jengkel bagaimana ELF hanya bisa pada pendapatnya. Maksudku, ayolah beri SM sedikit penghargaan, tanpa SM, kalian tidak akan memiliki boyband untuk kalian tatap. Mengarang mitos seperti bagaimana Super Junior menjadi dikenal secara Internasional semua karena kerja keras mereka sungguh diluar logika (gue edit kata terakhir karena aslinya agak kasar).

Kalau Super Junior bisa berupaya untuk berterima kasih pada SM dan Lee Soo Man setiap kali mereka memenangkan penghargaan, kenapa ELF tidak bisa melakukan hal yang sama?

Source here 

Selama ini kita hanya fokus pada Lee Soo Man karena hanya dia yang muncul ke publik. Tapi pernahkah kalian berpikir kalau ada orang selain Lee Soo Man yang juga berperan besar dibalik SM Entertainment? Jujur gue sebelumnya nggak pernah berpikir seperti itu sampai akhirnya gue dapet artikel di bawah ini. Sekali lagi, gue nggak berusaha membela Lee Soo Man because I am not respect him with his words. Dan artikel ini hanya sebagai penambah wawasan kita aja, yang artinya ada banyak hal di Korea sana terutama di SM Entertainment yang kita nggak tahu, jadi jangan cuma judge dari berita yang kita dapet mentah-mentah.

Wajah SM Entertainment yang sebenarnya, Lee Soo Man Vs Kim Young Min

~ Tulisan berikut bukan buatanku, aku hanya membantu untuk menyebarkannya~hehe.. jadi~ berhenti menempatkan semua kesalahan pada Lee Soo Man.. seperti kita tahu, TVXQ selalu menghargai semua hal yang Lee Soo Man lakukan untuk mereka ^^ 

SM Entertainment Lee Soo Man vs Kim Young Min. wajah sebenarnya dari SM Entertainment, surat oleh Cassie. Rumor oleh ELF, Cassie, HOT, idola SM.

Hai aku Cassie yang menyukai DBSK sejak hari debut Hug.

Aku tidak tahu kalau orang-orang akan membaca ini atau tidak. Tapi aku hanya ingin membiarkan semua Cassie tahu tentang kebenarannya. Meskipun ini pilihan kalian untuk membacanya atau tidak.

Tapi tetap bantu sebarkan ini. ~

SM dimulai tahun 1995. Lee Soo Man masuk ke industri sebagai artis, tapi tahun 1995 memulai perusahaan dengan nama SM, sebagai produser. Pada dasarnya dia bukanlah pemilik. CEO dan orang yang memiliki saham di tangan adalah Kim Kyung Wook. seperti bagaimana Park Jin Young memiliki perusahaan atas nama JYP dimana itu adalah namanya, tapi mendapatkan bayaran (ini sudah diketahui sebagai fakta) untuk menciptakan bintang JYP.

Tahukah kalian kalau produser bisa memproduksi penyanyi, dan merencanakan semua pelatihan, produksi, dan lainnya tapi tidak bisa menyentuh kontrak dan pembagian bayaran?

CEO Kim Kyung Wook duduk di kursi bos dan mulai bermain-main disekitar artis SM. Penyanyi yang dia ciptakan adalah mereka yang sudah menghilang;

M.I.L.K, Blackbeat, DaNa, LeesakNJiyeon, dan lainnya. Ini adalah grup yang dibuat Kim Kyung Wook, tapi Lee Soo Man kemudian adalah salah satu yang mengumpulkan penyanyi tersebut untuk dibuat CSJH dan menempatkan Shim Jae Won (member blackbeat member) sebagai pengajar tari SM Entertainment.

CEO yang melakukan kekacauan dengan grup SMent lewat kontrak yang salah meninggalkan perusahaan SMEnt tidak lama setelah DBSK debut. Ini adalah ketika rumor saham SMEnt menurun mulai tersebar. Ingat? Dan kabar SMEnt mengalami penurunan pendapatan mulai tersebat luas. Semuanya terjadi setelah CEO Kim Kyung Wook meninggalkan SMEnt.

Ini adalah saat CEO Kim Young Min melangkan masuk. Dia mengganti 13 tahun kontrak menjadi 7 tahun dan mulai mengganti dan bermain-main dengan kontrak ketika trainee dan penyanyi tidak tahu dengan ini. Ketika Shinwha keluar dari SMEnt, Kim Dong Whan mengatakan ‘Meski kami keluar dari SMEnt kami tidak akan bisa melupakan guru Lee Soo Man.”

Ini membuat kalian berpikir. Tidak peduli seberapa banyak orang yang melatihmu dan membantumu menjadi artis sukses, kalau orang tersebut di waktu yang sama membuatmu memderita sebagai anak secara mental dan fisik, dirimu tidak akan bisa merterima kasih pada mereka termasuk untuk mengingat mereka.

Tak seorang pun menyebutkan Kim Young Wook atau Kim Young Min ( FAKTANYA tak seorangpun menyebutkan nama mereka bahkan ketika memenangkan posisi pertama di gayo ataupun acara penghargaan) Pengendalian kontrak hanya bisa dilakukan oleh cEO perusahaan.

Jangan mencoba untuk memasukkan Lee Soo Man karena itu semua adalah rumor. Semua orang berpikir  kalau SM adalah untuk Soo Man, tapi ketika SM pertama berdiri SM adalah Success Museum. ( Sekarang Starlight Museum sepertinya)

Aku tidak bisa mengatakan padamu siapa aku tapi tolong percaya kalau cerita ini benar. Aku tahu kalau itu adalah kebebasan kalian untuk percaya atau tidak, tapi ada cara untuk melindungi DBSK. Dan jalannya adalah dengan bersatu. Sampai kasus DBSK selesai jangan beli apapun dari SM, dan jangan beli album mereka. Yang paling penting adalah jangan datang ke audisi mereka karena korban baru akan terciptaa. Ini bukan masalah seberapa bertalenta dirimu, karena pemiliknya akan membuangmu dalam hitungan detik.

Seperti ketika CEO Kim Kyung Wook CEO membubarkan HOT, Kim Young Min bisa melakukan hal yang sama. Jangan bantu dia. Untuk setiap entertainment semua jadwal harus disetujui oleh CEO, dan bahkan ketika jadwalnya tampak konyol artis perusahaan tidak bisa melakukan apapun. Kim Hyun Joong dari DSP bermain di  BOF bukan karena dia menginginkannya. Tentu saja dramanya sukses, dan dia mendapatkan popularitas. CEO DSP yang membuatnya melakukan itu meski dia tidak mau tapi dia tidak punya pilihan.

Alasan mengapa HOT tidak bisa lepas dari SMEnt adalah karena CEO Kim Kyung Wook membuat tiap membernya menandatangani kontrak yang berbeda (berakhir pada tahun yang berbeda) itulah kenapa 2 member bertahan di SM dan 3 member keluar.

Sebelum syuting dimulai, pengiriman naskah dan casting membutuhkan waktu 1 tahun. Mereka bahkan tidak tahu tentang drama ketika mereka membuat kontrak. Kalian harus tahu ini. Meski itu drama atau sitcom, bukanlah masalah artisnya mau melakukan atau tidak karena mereka tidak punya pilihan. Jika yang diatas memintamu melakukannya, kamu harus melakukannya. Jika kamu tidak menyukai itu maka bayar denda terhadap kontrak., tapi denda itu adalah jumlah yang kalian bahkan tidak bisa bayangkan.

Source : here

From : Taken from cafe.daum.net/hanryulove’s official DBSK ROOM
posted by 아네모네 posted on august 1st 09. who got it from 다방

Sori artikelnya ga gue terjemahin sampe selesai, terlalu lama gue berkutat dengan postingan ini  jadi gue putuskan buat terjemahin segitu aja.

Beritanya memang sudah lama dan terkait DBSK, tapi yang meu gue tunjukin disini adalah bukan Lee Soo Man tempat kita melampiaskan semua kemarahan. Seandainya pun artikel diatas salah, gue tetep setuju sama tulisan kedua. Meskipun Soo Man terkesan tidak mengahargai SJ, meski SM terkesan menganaktirikan SJ, tapi tanpa kesempatan mereka kita nggak akan pernah mengenal 13 orang hebat yang mampu menaklukkan dunia, dan tentu saja kita tidak akan pernah memiliki kebanggaan lewat kata ELF. Intinya cuma satu, nggak suka boleh, marah boleh tapi tetap di koridornya. Kalau member SJ bisa kenapa ELF nggak?

8 Comments »

  1. pernah bca di artikel lain ttg ‘kbusukan’ SM… tp entahlah mana yg mrpkn faktax… dn sbnrx gak peduli bgt… apalah SM… I hate them…
    jujur… sy brtrima ksh pd SM krn ‘mau’ mendebut kan oppa kt sbg ‘project’ group… atw ‘buangan’ ini… tp cm sebatas itu saja… gak lebih… karena… pasti semua ELF tw, gmn beratx SJ n ELF berjuang smpai sprti ini, smpai kt di ‘cap’ keras kepala, kasar, gak tw malu dll… smua yg kt lakuin itu demi oppa kt spy mrk tetap mmpertahankan eksistensinya sbg artis SM yg bs kpn aja ditendang dr sana… kalo kt g melakukan apa2, gak beli album or other stuff about our oppa from SM… apa yg bakal trjadi coba? pasti bgt lah SM bakal bubarin SJ karna gak laku…

    bgku skrg, g pduli ap itu SM, gmn it SM, seberjasa ap SM, sebusuk ap SM… I really don’t care… cm 1 prioritas ak sbg ELF… trs support oppa kt, 13ELIEVE on them not anyone else… PROT3CT them… and make a PROM15E to always beside them no matter what happen… that is what I wanna do for the sake of our oppa…

    Comment by Eternal Snow — October 16, 2011 @ 7:05 am

  2. sumapah gue kesel bgt knp coba?? orang yang kaya gto kalo ga ada dia super junior bukan apa-aapa??? what??? what??

    wajar dong dengan kerja keras mereka kemampuan mereke bisa nembus USA,,0_o;” kesel deh

    Comment by Raden Rani Cimochi — October 18, 2011 @ 11:23 pm

  3. habis ngebaca ini rasanya…..SESAK

    Comment by del — October 22, 2011 @ 12:43 am

  4. ih..
    makin benci ma SM !!
    bkin NYESEK !!

    Comment by Cintia Brulituber — October 23, 2011 @ 9:06 am

  5. Thanks udah share artikel ini..
    aku baru baca sekarang hehehe…
    sesuai pemikiran ku di awal…sebagai ELF aku juga sangat tidak suka dengan SM.E
    tapi makin kesini..bisa berfikir…ini bukan hanya tentang Lee Soo Man..karena CEO SM.E adalah Young Min
    tidak bisa dipungkiri aku tetap kesal dgn ucapan Lee Soo Man tentang “grup sisa” nya….dan membaca artikel ini bukan membuat aku begitu saja langsung berubah menyukai Soo Man..hanya saja..sekarang malah makin benci sama Young Min XDD

    Comment by Cul cul — January 18, 2013 @ 1:55 pm

  6. zhou mi sm henry jgn d lupain dong:/ PROM15E TO 13ELIEVE!!! ^^
    inget, ada zhou mi sm henry jg😉
    walaupun cm member sub-grup’a suju, tp kn mreka brdua jg member suju🙂
    hargai mreka jg dong ._.

    Comment by zhoury — February 7, 2013 @ 4:14 pm

  7. aku juga berpikir kalau lee soo man gak buruk,super junior dan idola2 kita lainnya yang bernaung di SM gak akan sesukses sekarang tanpa campur tangan lee soo man
    lagipula sepertinya hubungan soo man dan artis2 SM lumayan dekat menurutku,bahkan ada di beberapa kesempatan dia deket banget sama artis2nya

    Comment by tatta — May 11, 2014 @ 9:32 pm

  8. Aku yakin kok kalo lee soo man bukan orang yg hanya mngejar keuntungan demi perusahaannya semata. dia pasti punya alasan sendiri mendebutkan setiap artisnya. tapi setiap orang punya pendapat masing2 kan yaa? yg penting selalu dukung idola kita masing2 aja, gak usah jelek2in idol lain, apalagi sampek fanwar gara2 hal sepele. padahal hal sepele itu belum tentu bener. yang penting always supporting and be royal. fighting yaa elf!^^

    Comment by Bunga — June 3, 2015 @ 12:04 am


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: